Monday, July 30, 2012

Sejarah dan jenis" tarian daerah Palembang <-- tugas MULOK -_-

Tarian di palembang terdiri oleh bermacam macam loh...
gw aja baru tau. -_- , soal.a waktu di ujian yg gw isi di soal cuma tari Gending Sriwijaya sama Tari Tanggai ..
wkwkwkwk :D

ternyata masih ada tari Tari Genta Siwa,Tari Tampak Rebana,Tari Dana 
,Tari Melati KaranganTari Lenggok Musi

 SEJARAH Tari Gending Sriwijaya


arian ini digelar untuk menyambut para tamu istimewa yang bekunjung ke daerah tersebut, seperti kepala negara Republik Indonesia, menteri kabinet, kepala negara / pemerintahan negara sahabat, duta-duta besar atau yang dianggap setara dengan itu.
Untuk menyambut para tamu agung itu digelar suatu tarian tradisional yang salah satunya adalah Gending Sriwijaya, tarian ini berasal dari masa kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di Kota Palembang yang mencerminkan sikap tuan rumah yang ramah, gembira dan bahagia, tulus dan terbuka terhadap tamu yang istimewa itu.
Tarian Gending Sriwijaya digelarkan 9 penari muda dan cantik-cantik yang berbusana Adat Aesan Gede, Selendang Mantri, paksangkong, Dodot dan Tanggai. Mereka merupakan penari inti yang dikawal dua penari lainnya membawa payung dan tombak. Sedang di belakang sekali adalah penyanyi Gending Sriwijaya. Namun saat ini peran penyanyi dan musik pengiring ini sudah lebih banyak digantikan tape recorder. Dalam bentuk aslinya musik pengiring ini terdiri dari gamelan dan gong. Sedang peran pengawal kadang-kadang ditiadakan, terutama apabila tarian itu dipertunjukkan dalam gedung atau panggung tertutup. Penari paling depan membawa tepak sebagai Sekapur Sirih untuk dipersembahkan kepada tamu istimewa yang datang, diiringi dua penari yang membawa pridon terbuat dari kuningan. Persembahan Sekapur Sirih ini menu
rut aslinya hanya dilakukan oleh putri raja, sultan, atau bangsawan. Pembawa pridon biasanya adalah sahabat akrab atau inang pengasuh sang putri. Demikianlah pula penari-penari lainnya.

 Source : Wikipedia


TARI Tanggai  
 Tari tanggai dibawakan untuk menyambut tamu-tamu resmi atau dalam acara pernikahan. 
Tari Tanggai
 Umumnya ini dibawakan oleh lima orang dengan memakai pakaian khas daerah sepertikain songket, dodot, pending, kalung, sanggul malang, kembang urat atau rampai, tajuk cempako, kembang goyang, dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengantembaga.Tari ini merupakan perpaduan antara gerak yang gemulai dengan busana khas daerah. Tarianini menggambarkan masyarakat Palembang yang ramah dan menghormati, menghargai sertamenyayangi tamu yang berkunjung ke daerahnya.Kesenian DaerahSeni Tari dapat menunjukan ciri khas suatu daerah demikian juga Kota Palembangmemiliki berbagai tarian baik trandisional maupun modern yang merupakan hasil kreasi dari senimanlocal
Tari Genta Siwa

Tari Geta Siwa merupakan tarian persembahan atau pemujaan yang menggambarkan keagungan Dewa Siwa. Tarian ini juga melukiskan keagungan Kerajaan Sriwijaya, gerakan-gerakan dalam tarian ini merupakan kolaborasi dari tari Gending Sriwijaya, tari Tanggai dan tari Lilin.


0 komentar:

Post a Comment

IP